UML (Unified Modeling Language) merupakan pengganti dari
metode analisis berorientasi object dan design berorientasi object (OOAD&D/object oriented analysis and design) yang dimunculkan sekitar akhir tahun 80-an
dan awal tahun 90-an. UML merupakan gabungan dari metode Booch,Rumbaugh (OMT) dan Jacobson.
Tetapi UML mencakup lebih luas daripada OOAD. Pada pertengahan saat
pengembangan UML, dilakukan standarisasi proses dengan OMG(Object
Management Group) dengan harapan UML bakal menjadi bahasa standar pemodelan
pada masa yang akan datang (yang sekarang sudah banyak dipakai oleh berbagai
kalangan).
Jadi,UML dibuat untuk memudahkan para system developer
untuk berdiskusi dengan bahasa pemodelan yang mudah dipahami.
Kegunaan UML ?
UML digunakan untuk memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi object. Dan juga untuk menciptakan suatu bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.
5 Tahapan membuat UML
Ada beberapa tahapan yang akan kita lalu dalam proses pembuatan model diagram ini, yaitu :
1. Membuat Functional Requirement
Pada tahapan yang pertama ini kita bisa membuat tulisan yang mendeskripsikan tentang sistem apa yang akan dibuat. Deskripsi sistem bisa berupa tulisan tangan atau ketikan di Word Prosesor, jadi tidak harus formal. Bebepera yang harus dideskripsikan yaitu sistem apa yang akan dibuat dan bagaimana alur program tersebut
Contoh Functional Requirement :
Membuat aplikasi web untuk sistem informasi pembayaran mahasiswa :
- Menginput data pembayaran mahasiswa
- Membuat laporan data pembayaran
- dan lain sebagainya
2. Membuat Use Case Diagram
Setelah itu kita buat Use Case
diagram. Di mana pada diagram ini kita tentukan actor dan use casenya. Untuk
actornya sendiri dari tahapan satu yaitu : Mahasiswa dan Administrator/ Bagian
Keuangan.
3. Membuat Class Diagram
Selanjutnya buat class diagram.
Di sini kita akan mengklasifikasikan class-class dan attribute yang akan
dibuat. Class nantinya digunakan untuk proses coding sebuah program.
4. Membuat Activity Diagram
Contoh Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB :
1. Membuat Functional Requirement
Perpustakaan berkembang dengan pesat dan dinamis, sistem
manualnya dirasakan tidak lagi memadai untuk penanganan beban kerja. Khususnya
kegiatan rutin dalam bidang pengadaan, pengatalogan, dan pengawasan sirkulasi. Perpustakaan merupakan instansi yang menyediakan bahan-bahan pustaka sebagai
sumber informasi memerlukan sistem komputerisasi untuk mengolah data dan untuk
melakukan kegiatan kerja perpustakaan.
Kemudahan pengunjung untuk mendaftar, mendapatkan informasi tentang bahan pustaka dan untuk melakukan transaksi peminjaman bahan pustaka menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan Berdasarkan permasalahn itulah maka disusulkan adanya pengembangan sistem yang telah ada agar kinerjanya semakin baik.
Pada Perancangan
Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB ini terdapat 3 entitas,
yaitu:
1. Peminjam
Peminjam merupakan orang yang nantinya akan melakukan Registrasi,
Peminjaman Buku, Pengembalian Buku dan Perpanjangan
Peminjaman.
2. Petugas
Bertugas melayani pembuatan Kartu Anggota, Mengolah Data, serta Membuat
Laporan Bulanan.
3. Pimpinan
2. Membuat Use Case
Pada Diagram Usecase dibawah ini dijelaskan bahwa Peminjam diharuskan untuk melakukan regristrsi terlebih dahulu. Jika sudah maka peminjam bisa melakukan memilih buku, meminjam buku, mengembalikan buku atau melakukan memperpanjang pinjaman buku sesuai dengan prosedur yang berlaku.Petugas diharuskan melakukan login, setelah itu petugas melakukan rekap data buku, data anggota serta membuat laporan bulanan. Sedangkan Pimpinan melakukan pengecekkan laporan yang nantinya akan di-ACC
3. Membuat Class Diagram
Pada Diagram Class berikut ini, dijelaskan lebih rinci mengenai prosedur yang terjadi di sistem tersebut. Adanya atribut dan operasi pada setiap aktor dan proses.
4. Membuat Activity Diagram
Pada Diagram Activity, dijelaskan berbagai aktivitas dari setiap aktor,
mulai dari Peminjam, Petugas sampai Pimpinan.
- - Activity Diagram
Peminjaman Buku
- Activity Diagram Input Data Anggota
- Activity Diagram Input Data Buku
- Activity Diagram Pengecekan Laporan Bulanan
0 komentar: